10.02.2012

ORGANISASI, MANAJEMEN DAN TATA KERJA



Kita mungkin sudah sering mendengar kata dari Organisasi, Manajemen dan Tata Kerja, tapi apakah kita memahami apa yang dimaksud diatas? Untuk itu penulis bertujuan untuk membuat membuat kita semua paham apa dari pengertian dan tujuan dari Organisasi, Manajemen dan Tata Kerja itu. Untuk itu mari kita mulai pembahasan yang pertama mengenai Organisasi
Pengertian Organisasi
Diseluruh aspek kehidupan manusia kita pasti tidak bisa hidup menyendiri tanpa ada hubungan atau bantuan dari orang lain, karena disebutkan juga bahwa manusia itu adalah mahluk sosial. Didalam kemajemukan manusia di dunia ini pasti ada kesamaan tujuan baik secara jasmani maupun rohani, untuk bisa memudahkan tercapainya tujuan tersebut bisa juga meminta kepada individu lain untuk setidaknya meringankan pekerjaan yang dipikul sendiri.
Dibawah ini adalah beberapa pengertian Organisasi menurut beberapa Ahli :
·         Organisasi adalah susunan dan aturan dari berbagai-bagai bagian (orang dsb) sehingga merupakan kesatuan yang teratur. (W.J.S. Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia).
·         Menurut Stoner, organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.
·         .Menurut James D. Mooney, organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
·         Menurut Chester I. Bernard, organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
Diatas merupakan beberapa pendapat tentang pengertian Organiasasi, walaupun dalam kata-kata yang berbeda tapi dibalik itu semua memiliki arti yang sama, maka penulis bisa simpulkan bahwa Organisasi adalah Kumpulan dua orang atau lebih yang bekerja sama dengan pembagian tugas yang sistematis untuk tujuan yang sama.
Beberapa Contoh Organisasi yang ada di dunia yaitu UNESCO, UNICEF, WHO


Manajemen dan Organisasi

Manajemen dan Organisasi mempunya kaitan yang erat, mari kita telisik bersama dimulai dengan pengertian Manajemen. Manajemen adalah cara untuk mengatur sumber daya baik sumber daya manusia atau sumber daya lainnya supaya efisien dan efektif agar tujuan dapat cepat tercapai. Dari pengertian kita sudah tau bahwa dalam Organisasi pasti ada sebuah Manajemen. Semakin baik manajemen semakin cepat tercapainya sebuah tujuan.
Untuk memperjelas tentang manajemen, mari kita lihat tujuan dari manajemen itu sendiri.
·         Manajemen Organisasional
Ditujukan untuk dapat mengenali keberadaan manajemen sumber daya manusia dalam memberikan kontribusi pada pencapaian efektivitas organisasi. Walaupun secara formal suatu departemen sumber daya manusia diciptakan untuk dapat membantu para manajer, namun demikian para manajer tetap bertanggung jawab terhadap kinerja karyawan. Departemen sumber daya manusia membantu para manajer dalam menangani hal-hal yang berhubungan dengan sumber daya manusia.
·         Manajemen Fungsional
Ditujukan untuk mempertahankan kontribusi departemen pada tingkat yang sesuai dengan kebutuhan organisasi. Sumber daya manusia menjadi tidak berharga jika manajemen sumber daya manusia memiliki kriteria yang lebih rendah dari tingkat kebutuhan organisasi.
·         Manajemen Sosial
Ditujukan untuk secara etis dan sosial merespon terhadap kebutuhan-kebutuhan dan tantangan-tantangan masyarakat melalui tindakan meminimasi dampak negatif terhadap organisasi. Kegagalan organisasi dalam menggunakan sumber dayanya bagi keuntungan masyarakat dapat menyebabkan hambatan-hambatan.
·         Manajemen Personal
Ditujukan untuk membantu karyawan dalam pencapaian tujuannya, minimal tujuan-tujuan yang dapat mempertinggi kontribusi individual terhadap organisasi. Tujuan personal karyawan harus dipertimbangkan jika parakaryawan harus dipertahankan, dipensiunkan, atau dimotivasi. Jika tujuan personal tidak dipertimbangkan, kinerja dan kepuasan karyawan dapat menurun dan karyawan dapat meninggalkan organisasi.


Manajemen dan Tata Kerja

Tata Kerja atau metode adalah satu cara bagaimana sumber-sumber dan waktu yang tersedia dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin dan tepat sehingga proses kegiatan manajemen dapat dilaksanakan dengan baik dan tepat pula.

Bisa disimpulkan bahwa organisasi, manajemen, dan tata kerja berkaitan satu sama lain. Manajemen adalah proses pengaturan pencapaian tujuan melalui kerja sama antar anggota. Untuk melaksanakannya diperlukan organisasi sebagai tempat untuk mencapai tujuan. Kemudian untuk mengetahui bagaimana kegiatan kerja sama tersebut sebaiknya dilakukan, dibutuhkan Tata Kerja atau metode untuk mencapainya dengan efisien dan tepat.

Referensi

(Janu Murdiyamoko dan Citra Handayani, Sosiologi untuk SMU Kelas I)
(“Pengertian, Definisi dan Arti Organisasi – Organisasi Formal dan Informal – Belajar Online Lewat Internet Ilmu Manajemen”)
(Artikel berjudul “Manajemen Konflik Dalam Organisasi”)