9.26.2011

CARA KERJA RAM



Mungkin kalian udah pada kenal RAM. Apalagi untuk orang yang berkecimpung dalam dunia IT pasti itu sudah jadi hal biasa. Nah sekarang kita mulai apasih RAM itu?? RAM pengertian secara sederhananya adalah Memory atau alat penyimpanan data sementara atau tidak permanent. Mengapa demikian, karena RAM menyimpan data jika komputer dalam keadaan menyala atau aktip sebagai contohnya adalah Jika kita sedang mengerjakan suatu misalkan di Microsoft Word lalu kita minimize dan sudah minimize kita buka kembali dengan menekan di Taksbar Microsoft Word tersebut maka tugas yang masih kita kerjakan tersebut masih ada. Tapi jika komputer tesebut mati maka data yang kita kerjakan tadi akan hilang karena sudah disebutkan bahwa RAM itu bukan alat penyimpanan secara permanen.

RAM hampir sama dengan Hardisk hanya saja kelebihannya Hardisk itu bisa menyimpan data secara permanent. Jangan menyepelekan RAM sebab RAM juga ambil alih dalam pengoprasian dalam sebuah komputer disamping dengan Prosesor sebagai otak dari PC, VGA untuk memvisualisasikan apa yang sedang kita kerjakan. RAM juga bisa mempercepat kinerja dari komputer itu sendiri semakin besar RAM maka akan semakin cepat kerja dari komputer disamping Clock dan cache dari Prosesor.

Mari kita ilustrasikan dari kegiatan sehari-hari bagaimana kerja RAM itu. RAM itu diibaratkan sebuah locker yang berisi data-data yang sudah dipisahkan sesuai dengan jenis data masing-masing, jika kita membutuhkan data yang ada di locker tersebut maka kita hanya tinggal memilih arsip mana yang harus kita pilih dan cari data tersebut. Sehingga data yang kita inginkan itu dapat dengan mudah kita dapatkan.

Kapasitas RAM juga berpengaruh terhadap kecepatan mencari data. Kita ilustrasikan kembali apa pengaruh RAM yang berkapasitas besar dan kecil. Jika kapasitas RAM besar maka akan semakin cepat kerja komputer dan jika RAM berkapasitas semakin kecil maka kecepatan komputer semakin lambat. Bisa kita bandingkan saja dengan contoh diatas. Jika data yang kita butuhkan dapat mudah kita dapatkan dengan arsip-arsip yang tersedia, berbeda sekali dengan kita harus mencari data tidak diarsipkan terlebih dahulu dalam satu tumpukan maka kita akan membutuhkan banyak waktu dibandingkan dengan mencari file dengan arsip data.. 

4 komentar:

  1. wah maksih banget buat info nya mas :D

    BalasHapus
  2. sama sama mas. :D
    saya masih newbie mas. saling share aja mas

    BalasHapus
  3. oke nih infonya buat tingkat anak smp, sma

    BalasHapus
  4. sama-sama kita saling berbagi aja.

    BalasHapus